BAB X
ISD SEBAGAI MATA KULIAH DASAR UMUM
ISD SEBAGAI MATA KULIAH DASAR UMUM
10.1. Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar adalah salah satu mata kuliah dasar umum yang merupakan matakuliah wajib yang diberikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tujuannnya sebagai salah satu usaha yang diharapkan dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat peduli terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di lingkungan dan dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial dasar.
Secara khusus mata kuliah dasar umum bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang:
-Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia
-Taqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk agama lain
-Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral didalam menyikapi permasalahan kehidupan
-Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama
Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat pengetahuan yang terdiri atas:
-Kemampuan akademis adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah.
-Kemampuan profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan.
-Kemampuan personal adalah kemampuan kepribadian. Dengan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, dan tingkah laku, dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia.
Adapun yang menjadi sasaran perhatian adalah antara lain :
Berbagai kenyataan yang bersama-sama merupakan masalah sosial yang dapat ditanggapi .
Adanya keanekaragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat.
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk menkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkugnan sosialnya dapaat menjadi lebih besar.
ISD bertujuan membantu kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas.
Ilmu pengetahuan dikelompokkan dalam 3 kelompok besar yaitu:
- Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ), Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah.
- Ilmu-ilmu sosial ( social scince ), ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.
Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
10.2. Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Tujuan Ilmu Sosial Dasar adalah melakukan pembinaan terhadap mahasiswa agar :
Mahasiswa dapat memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
Mahasiswa peka terhadap masalah-masalah sosial.
Mahasiswa dapat menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks.
Mahasiswa memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi denganmerekadalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
10.3. Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Sosial dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial memilik Persamaan dan Perbedaan.
Persamaan :
· Merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
· Bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
· Mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Perbedaan :
· Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi (Universitas), sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan (SMP & SMA).
· Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
· Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
10.4. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Agar dapat memahami masalah-masalah sosial, baiknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan llmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
No comments:
Post a Comment