To my another blog. Please drop by and comment if you liked to. No need to SPAMMED coz it's really not worth it! LAST but not least, ENJOY UR DAY!
RSS

Peranan Bahasa Indonesia Dalam Konsep Ilmiah

Bahasa Indonesia dalam konsep ilmiah mengambil bagian yang penting dalam upaya menyampaikan kesatuan makna ke dalam pikiran orang lain. Peranan tersebut biasanya tertuang dalam bentuk tulisan (penulisan) ilmiah, yaitu sebuah karangan yang bersifat fakta yang ditulis dengan menggunakan penulisan yang baik dan benar serta ditulis menurut metode yang ada.

Terdapat beberapa jenis penulisan ilmiah yang dapat di kategorikan sebagai berikut :

* Makalah
* Kertas Kerja
* Laporan Praktik Kerja
* Skripsi Langsung (observasi lapangan)
* Skripsi Tidak langsung (studi kepustakaan)
* Tesis
* Disertasi
* dsb.

Penulisan karya ilmiah tersebut memerlukan konsep baku Bahasa Indonesia atau Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dalam standardisasinya, yang meliputi pemakaian huruf, penulisan huruf, penulisan kata, penulisan unsur serapan, dan pemakaian tanda baca, yang penjabarannya dapat dilihat sebagai berikut :

1. Huruf abjad: abjad yang digunakan ejaan bahasa Indonesia terdiri atas huruf-huruf: Aa, Bb, Cc, Dd, Ee, Ff, Gg, Hh, Ii, Jj, Kk, Ll, Mm, Nn, Oo, Pp, Qq, Rr, Ss, Tt, Uu, Vv, Ww, Xx, Yy, Zz.
2. Huruf vokal: a, e, i, o, u.
3. Huruf konsonan: b, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, z.
4. Huruf diftong: ai, au, ai.
5. Gabungan konsonan: kh, ng, ny, sy.

Huruf kapital dipakai sebagai berikut :

1. Huruf pertama kata pada awal kalimat
2. Huruf pertama petikan langsung
3. Ungkapan yang berhubungan dengan nama Tuhan, kitab suci, termasuk kata ganti
4. Gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang.
5. Nama jabatan, pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat.
6. Huruf pertama unsur-unsur nama orang
7. Huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa.
8. Huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari raya, dan peristiwa bersejarah.
9. Huruf pertama nama geografi
10. Huruf pertama semua unsur nama negara, lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, serta nama dokumen resmi kecuali kata depan atau kata hubung.
11. Huruf pertama setiap unsur bentuk ulang sempurna yang terdapat pada nama badan, lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, serta dokumen resmi.
12. Huruf pertama nama buku, majalah, surat kabar, dan judul karangan, kecuali kata depan dan kata hubung yang berada di tengah kata.
13. Huruf pertama unsur singkatan nama gelar, pangkat, dan sapaan.
14. Huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan yang dipakai sebagai sapaan.
15. Huruf pertama kata ganti Anda, dan masih banyak ejaan lainnya.

Selain konsep baku Bahasa Indonesia, penulisan ilmiah juga memerlukan metode atau proses yang sistematis dalam pengerjaannya. Unsur tersebut biasanya berupa observasi, hipotesis, prediksi, dan terakhir eksperimen.

Dalam penjabaran tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa peranan Bahasa Indonesia dalam konsep ilmiah menjadi sangat penting dilakukan karena ilmu ini diperlukan untuk penjabaran suatu gagasan atau pikiran seseorang ke dalam bentuk tulisan.

* berbagai sumber
* sweetstrawberry.wordpress

No comments:

Post a Comment